Developer: Industrial Toys
Publisher: Industrial Toys
Platform: iOS
Genre: FPS
Released Date:TBA
Tahun 2012 yang lalu kita mendengarkan kabar dari co-creator game Halo, Alex Seropian, yang membuka sebuah studio game baru bernama Industrial Toys. Dari sana mereka mengumumkan akan merilis sebuah game mobile yang berkualitas yaitu Morning Star yang kemudian berganti nama menjadi Midnight Star. Sekarang game ini sedang masuk dalam tahap soft launch di Apple App Store Irlandia. Tidak ingin membuang kesempatan, saya segera menjajal game ini.
Kamu akan berperan sebagai Charles Campbell, letnan yang harus menghabisi semua alien pada sebuah planet bekas perang. Pada awalnya dia tidak akan mengira bahwa misi untuk menyelidiki sebuah sinyal malah berubah menjadi sebuah pertempuran melawan alien karena dirinya terseret oleh sebuah portal
ke planet Oberon. Di sinilah permainan akan dimulai.
Seperti yang dijanjikan sang developer, di Midnight Star kamu akan menemukan sebuah kontrol yang nyaman untuk layar sentuh dalam sebuah game shooter. Benar, mereka membuang joystick yang biasanya dipakai pada game shooter
sejenis dan menggantikannya dengan kontrol tap untuk melakukan tembakan. Sementara itu untuk berlindung dari rudal musuh, kamu bisa tahan 2 jari kamu di layar untuk mengaktifkan shield. Sekilas game ini mirip seperti Time Crisis di mana karakter akan bergerak secara otomatis dan tugas kamu hanya menembak musuh.
Kontrol tambahan ada di ujung kiri dan kanan layar untuk melihat ke kanan dan ke kiri. Zoom in untuk melakukan tembakan yang lebih akurat juga dimungkinkan dengan pinch pada game ini. Bukan hanya menembak dari jarak jauh
saja, tetapi kamu juga bisa melakukan serangan jarak dekat. Maksudnya, kadang musuh akan bergerak mendekat ke arah kamu dan yang harus kamu lakukan adalah tap pada segi 6 yang ada (bisa sekali tap atau 2 kali tap) dan kamu akan memukul musuh dengan tangan kosong. Variasi gameplay inilah yang membuatnya cukup mengesankan. Saya setidaknya duduk selama 2,5 jam hanya untuk mencicipi game ini.
Berbagai kustomisasi pada senjata, gear, shield, sampai pesawat kamu bisa dilakukan di game ini. Bahkan pada Midnight Star, informasi upgrade diberikan dengan sangat detail. Misalnya berapa fire rate yang akan meningkat setelah upgrade, jumlah damage, dll. Sayangnya, kamu akan menemukan waktu tunggu bila tidak mau membayar dengan menggunakan mata uang IAP pada saat upgrade.
Mode single player menjadi mode pertama yang akan kamu mainkan, disamping mode multiplayer yang akan kamu buka nantinya. Saya sendiri belum mencoba mode multiplayer karena belum membukanya. Jika kamu berpikir waktu 2,5 jam yang sudah saya habiskan untuk memainkan mode single player di level-level awal dan belum membuka mode multiplayer adalah waktu yang tidak normal untuk ukuran mobile game, maka tebakan kamu benar. Setiap level yang kamu mainkan di sini mempunyai rata-rata durasi playtime yang cukup lama, mungkin kira-kira setengah sampai satu jam.
Dengan dukungan Unreal Engine, tentu saja kamu akan menemukan sebuah grafis 3D yang cukup ciamik untuk ukuran mobile game saat ini. Game ini rencananya akan rilis untuk iOS dan belum ada kabar apakah akan ada versi Android. Stay tuned!